Pemasaran langsung merupakan komunikasi langsung dengan pelanggan
individu yang dibidik secara seksama baik untuk memperoleh tanggapan
segera maupun membina hubungan pelanggan yang berlangsung lama. Di dalam
pemasaran langsung biasanya menggunakan saluran – saluran langsung ke
konsumen (Consumer direct) untuk menjangkau dan menyerahkan barang dan
jasa kepada pelanggan tanpa menggunakan perantara pemasaran. Saluran –
saluran ini mencakup surat langsung, catalog, telemarketing, tv
interaktif, situs internet, dan lain-lain. Pemasaran langsung merupakan
salah satu cara yang tumbuh paling pesat untuk melayani pelanggan. Saat
ini terdapat banyak pemasar langsung menggunakan pemasaran langsung
untuk membina hubungan jangka pendek dengan pelanggan.. mereka mengirim
kartu ulang tahun, bahan – bahan informasi, atau bingkisan kecil bagi
pelanggan tertentu. Para pemasar melakukan pemasaran langsung untuk
meningkatkan produktivitas satuan penjualan. Selain itu perusahaan juga
berupaya untuk menggantikan unit – unit penjualan berbasis pos dan
telepon untuk mengurangi biaya penjualan lapangan.
Bentuk-Bentuk Pemasaran Langsung
Didalam pemasaran langsung dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu seperti :
1. Pemasaran tatap muka
2. Pemasaran jarak jauh
3. Pemasaran melalui surat langsung (faks, e-mail, voice mail)
4. Pemasaran melalui catalog (merupakan pemasaran langsung melalui
catalog cetak, video, elektronik yang dikirim kepada pelanggan pilihan
(disediakan di took dan dipresentasikan secara online))
5. Pemasaran melalui televise yang menghasilkan tanggapan langsung
i. Pemasangan iklan tanggapan langsung (direct response advertising)
ii. Saluran belanja dari rumah (home shopping channel)
Saluran – Saluran dalam Pemasaran Langsung
Di dalam pemasaran langsung terdapat saluran – saluran yang digunakan
untuk menjangkau dan menyerahkan barang dan jasa yang dijual oleh
pemasar kepada pelanggan tanpa menggunakan perantara pemasaran. Saluran –
saluran ini mencakup : Surat Langsung, katalog, telemarketing, kios,
serta situs internet.
Manfaat Pemasaran Langsung
Pemasaran langsung memberikan manfaat bagi pelanggan dalam banyak hal seperti :
a. Rasa senang, nyaman, dan bebas dari pertengkaran
b. Menghemat waktu
c. Pemilihan barang dagangan yang lebih banyak
d. Dapat melakukan perbandingan dengan melihat-lihat catalog surat dan layanan belanja online.
e. Dapat memesan barang dengan mudah
f. Interaktif dan segera
sumber : http://ilhammohamad.blogspot.com/2011/03/pemasaran-langsung-dan-online.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar