Senin, 14 Januari 2013

Proses Pembuatan Keputusan

  1. Pemahaman dan perumusan masalah 
 Manajer harus dapat menemukan masalah apa yang sebenarnya, dan menentukan bagian-bagian mana yang harus dipecahkan dan bagian mana yang seharusnya dipecahkan.
     2. Pengumpulan dan analisa data yang relevan
Settelah masalahnya ditemukan, lalu ditentukan dan dibuatkan rumusannya untuk membuat keputusan yang tepat.
     3. Pengembangan alternatif
Pengembangan alternatif memungkinkan menolak kecenderungan membuat keputusan yang cepat agar tercapai keputusan yang efektif.
     4. Pengevaluasian terhadap alternatif yang digunakan
Menilai efektivitas dari alternatif yang dipakai, yang diukur dengan menghubungkan tujuan dan sumber daya organisasi dengan alternatif yang realistik serta menilai seberapa baik alternatif yang diambil dapat membantu pemecahan masalah.
     5. Pemilihan alternatif terbaik
Didasarkan pada informasi yang diberikan kepada manajer dan ketidak sempurnaan kebijaksanaan yang diambil oleh manajer.
      6. Implementasi keputusan
manajer harus menetapkan anggaran, mengadakandan mengalokasikan sumber daya yang diperlakukan, serta menugaskan wewenang dan tanggung jawab pelaksanaan tugas, dengan memperhatikan resiko dan ketidakpastian terhadap keputusan yang diambil. sehingga perlu dibuat prosedur laporan kemajuan periodik dan mempersiapkan tindakan korektif bila timbul masalah baru dalam keputusan yang dibuat serta mempersiapkan peringatan dini atas segala kemungkinan yang terjadi.
      7. Evaluasi atas hasil keputusan
 Implementasi yang telah diambil harus selalu dimonitor terus menerus, apakah berjalan lancar dan memberikan hasil yang diharapkan.
 Sumber : pengantar manajemen umum (Muhammad Abdul Mukhyi , Imam Hadi Saputro)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar