KRITERIA EVALUASI
Konsumen sering membuat
keputusan berdasarkan pengaruh atau pada sikap secara keseluruhan terhadap
merek atau untuk meminimalkan usaha atau emosi negatif.
Sifat Kriteria
evaluasi
kriteria evaluasi biasanya fitur produk atau atribut yang terkait dengan
baik manfaat yang diinginkan oleh pelanggan atau biaya yang harus mereka
keluarkan. Jenis kriteria evaluatif digunakan dalam keputusan bervariasi
dari segi biaya nyata dan kinerja untuk faktor intangible seperti gaya, rasa,
prestise, perasaan yang dihasilkan, dan citra merek. Pemasar harus
memahami kriteria yang digunakan konsumen untuk mengevaluasi merek mereka.
PENENTUAN ALTERNATIF PILIHAN
Sejumlah besar penelitian
dan strategi pemasaran telah mengasumsikan pembuat keputusan konsumen rasional
dengan yang terdefinisi dengan baik, preferensi stabil. Konsumen juga dianggap memiliki
kemampuan cukup untuk menghitung pilihan mana yang akan memaksimalkan nilainya,
dan akan memilih atas dasar ini :
- pilihan efektif
- atribut berbaris vs atribut proses pilihan
MENAFSIR
ALTERNATIF PILIHAN
Jika Anda membeli jenis barang elektronik, Anda mungkin akan membuat perbandingan
langsung seluruh merek pada fitur-fitur seperti harga, berat, dan kejelasan
tampilan. Penilaian perbandingan ini mungkin tidak sepenuhnya akurat. contohnya adalah :
- akurasi penilaian individu
- penggunaan indikator pengganti
- pentingnya relatif dan pengaruh kriteria evaluative
- kriteria evaluative, hukum individu, dan strategi pemasaran
MENYELEKSI
ATURAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Tingkat tinggi satu atribut
tidak dapat mengimbangi tingkat rendah yang lain. keputusan
disjungtif aturan dan kata penghubung dapat menghasilkan seperangkat alternatif
yang bisa diterima, sedangkan sisanya aturan umumnya menghasilkan satu
"terbaik" alternatif. Contoh :
- kata penghubung aturan keputusan
- disjungtif aturan keputusan
- eliminasi oleh aspek aturan keputusan
- leksikografis aturan keputusan
- kompensasi aturan keputusan
Sumber : http://alitinanti.blogspot.com/2011/10/perilaku-konsumen-evaluasi-alternatif.html
menurut saya apabila kita sebagai konsumen. tindakan yang harus kita perhatikan adalah harus menentukan kebutuhan yang harus diperlukan apakah sesuai atau tidak dengan anggaran yang telah kita perhitungkan, teliti dalam membeli jenis barang, dan harus ada keputusan untuk membeli.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar