Rabu, 24 Oktober 2012

Evaluasi alternatif sebelum pembelian


KRITERIA EVALUASI   
Konsumen sering membuat keputusan berdasarkan pengaruh atau pada sikap secara keseluruhan terhadap merek atau untuk meminimalkan usaha atau emosi negatif. 

Sifat Kriteria evaluasi             
      kriteria evaluasi biasanya fitur produk atau atribut yang terkait dengan baik manfaat yang diinginkan oleh pelanggan atau biaya yang harus mereka keluarkan. Jenis kriteria evaluatif digunakan dalam keputusan bervariasi dari segi biaya nyata dan kinerja untuk faktor intangible seperti gaya, rasa, prestise, perasaan yang dihasilkan, dan citra merek. Pemasar harus memahami kriteria yang digunakan konsumen untuk mengevaluasi merek mereka.

PENENTUAN ALTERNATIF PILIHAN
Sejumlah besar penelitian dan strategi pemasaran telah mengasumsikan pembuat keputusan konsumen rasional dengan yang terdefinisi dengan baik, preferensi stabil. Konsumen juga dianggap memiliki kemampuan cukup untuk menghitung pilihan mana yang akan memaksimalkan nilainya, dan akan memilih atas dasar ini :
  • pilihan efektif
  • atribut berbaris vs atribut proses pilihan
       MENAFSIR ALTERNATIF PILIHAN
      Jika Anda membeli jenis barang elektronik, Anda mungkin akan membuat perbandingan langsung seluruh merek pada fitur-fitur seperti harga, berat, dan kejelasan tampilan. Penilaian perbandingan ini mungkin tidak sepenuhnya akurat. contohnya adalah :
  1. akurasi penilaian individu
  2. penggunaan indikator pengganti
  3. pentingnya relatif dan pengaruh kriteria evaluative
  4. kriteria evaluative, hukum individu, dan strategi pemasaran
MENYELEKSI ATURAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Tingkat tinggi satu atribut tidak dapat mengimbangi tingkat rendah yang lain. keputusan disjungtif aturan dan kata penghubung dapat menghasilkan seperangkat alternatif yang bisa diterima, sedangkan sisanya aturan umumnya menghasilkan satu "terbaik" alternatif. Contoh :
  1. kata penghubung aturan keputusan 
  2. disjungtif aturan keputusan
  3. eliminasi oleh aspek aturan keputusan
  4. leksikografis aturan keputusan 
  5. kompensasi aturan keputusan
Sumber : http://alitinanti.blogspot.com/2011/10/perilaku-konsumen-evaluasi-alternatif.html

menurut saya apabila kita sebagai konsumen. tindakan yang harus kita perhatikan adalah harus menentukan kebutuhan yang harus diperlukan apakah sesuai atau tidak dengan anggaran yang telah kita perhitungkan, teliti dalam membeli jenis barang, dan harus ada keputusan untuk membeli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar