Rabu, 24 Oktober 2012

Sikap Motivasi dan Mawas Diri

MOTIVASI

Motivasi adalah daya pendorong dari keinginan kita agar terwujud. Motivasi adalah sebuah energi pendorong yang berasal dari dalam kita sendiri.

Motivasi erat sekali hubungannya dengan keinginan dan ambisi, bila salah satunya tidak ada, motivasi pun tidak akan timbul.

Motivasi akan menguatkan ambisi, meningkatkan inisiatif dan akan membantu dalam mengarahkan energi kita untuk mencapai apa yang kita inginkan. Dengan motivasi yang benar kita akan semakin mendekati keinginan kita.

Biasanya motivasi akan besar, bila orang tersebut mempunyai visi jelas dari apa yang diinginkan. Ia mempunyai gambaran mental yang jelas dari kondisi yang diinginkan dan mempunyai keinginan besar untuk mencapainya.

Motivasi berkaitan erat dengan tercapainya sesuatu keinginan. Sering kita gagal mencapai apa yang kita lakukan, seperti contohnya kita ingin menghindari untuk berbelanja. Tetapi pada kenyataannya kita tidak dapat mengontrol keinginan kita untuk berbelanja sehingga banyak pengeluaran yang membengkak pada akhir bulannya.

MAWAS DIRI

Mawas diri adalah sebuah konsep abstrak yang pada hakikatnya adalah kemampuan untuk “melangkah keluar dan melihat ke dalam diri kita” untuk membuat penilaian bagaimana kita bertindak dan berbuat. Contoh pada umumnya yang sering kita temukan ialah : kenangan dimasa kecil kita, yang terkadang apabila kita sudah menjadi sosok orang tua dan memiliki anak. Secara tidak langsung ada beberapa sifat yang turun dari dalam diri kita terhadap anak kita. Inilah yang dinamakan mawas diri yang diumpamakan sebagai cermin, melihat diri kita sendiri yang ada pada bayangan cermin tersebut.


Menurut saya, motivasi dan mawas diri merupakan kepribadian yang ada pada diri kita. Jadi segala sesuatu yang terbentuk pada karakter seseorang semua akan dilewati dalam kehidupannya dalam memotivasikan diri mereka untuk mempunyai keinginan memilih hidup yang baik atau buruk, dan dari kepribadian itu maka akan tercerminlah sikap dan sifat dari ciri seseorang tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar