Rabu, 03 Oktober 2012

"Kepribadian Nilai dan Gaya Hidup "

A. Pengertian Kepribadian 

Kepribadian merupakan salah satu sifat atau karakter yang timbul dalam diri seseorang dalam menunjukkan sikap pribadi yang ada pada jati dirinya. Kepribadian seseorang tentunya semua berbeda-beda, dan memiliki ciri khas tersendiri, yaitu : agresif, pemalu, rajin, pemalas, setia, berani maupun takut.  

B. Menilai Kepribadian 

Banyak hal yang dapat seseorang lakukan untuk mengetahui nilai dari kepribadian individual, yaitu :
  • survei mandiri
  • survei peringkat oleh pengamat
  • ukuran proyeksi
  • metodelogi
  • cara pengukuran
C. Teori-teori Kepribadian 

a. TeoriKepribadianTsikodinamika
Teori psikodinamika berfokus pada pergerakan energi psikologis di dalam manusia, dalam bentuk kelekatan, konflik, dan motivasi.

 b. TeoriFreud
Sigmund Freud berpendapat bahwa kepribadian terdiri dari tiga sistem utama: id, ego, dan superego. Setiap tindakan kita merupakan hasil interaksi dan keseimbangan antara ketiga sistem tersebut.

 c. TeoriJung
Carl Jung pada awalnya adalah salah satu sahabat terdekat Freud dan anggota lingkaran koleganya, tetapi pertemanan mereka berakhir dalam pertengkaran tentang ketidaksadaran. Menurut Jung, di samping ketidaksadaran individual, manusia memiliki ketidaksadaran kolektif yang mencakup ingatan universal, simbol-simbol, gambaran tertentu, dan tema-tema yang disebutya sebagai arketipe.

D. Pengertian Nilai

Nilai merupakan suatu dimana seseorang dapat memaknai suatu pelajaran yang berharga di dalam kehidupan sehari-hari berupa nilai moral, nilai pengalaman pribadi, dsb.

E. Pengertian Nilai menurut para ahli 

a. Menurut Driyarkara (1966,38)
Nilai adalah hakekat suatu hal, yang menyebabkan hal itu pantas dikejar oleh manusia. 

b. Menurut Fraenkel (1977:6)
Nilai adalah idea atau konsep yang bersifat abstrak tentang apa yang dipikirkan seseorang atau dianggap penting oleh sesorang, biasanya mengacu kepada estetika (keindahan), etika pola prilaku dan logika benar salah atau keadilan justice. (Value is any idea, a concept , about what some one think is important in life) 

c. Menurut Kuntjaraningrat (1992:26)
Menyebutkan sisten nilai budaya terdiri dari konsepi-konsepi yang hidup dalam alam pikiran sebagian besar keluarga masyarakat, mengenai hal-hal yang harus mereka anggap bernilai dalam hidup. 

d. Menurut Endang Sumantri
Sesuatu yang berharga, yang penting dan berguna serta menyenangkan dalam kehidupan manusia yang dipengaruhi pengetahuan dan sikap yang ada pada diri atau hati nuraninya. 

e. M.I. Soelaeman
Agama diarahkan pada perintah dan larangan, dorongan dan cegahan, pujian dan kecaman, harapan dan penyesalan, ukuran baik buruk, benar salah, patuh tidak patuh, adil tidak adil 

f. Menurut Darji
Nilai ialah yang berguna bagi kehidupan manusia jasmani dan rohani

F. Macam-macam Nilai

Dalam filsafat, nilai dibedakan dalam tiga macam, yaitu:

a. Nilai logika adalah nilai benar salah.
b. Nilai estetika adalah nilai indah tidak indah.
c. Nilai etika/moral adalah nilai baik buruk.

G. Pengertian Gaya Hidup

Gaya hidup merupakan salah satu apresiasi dimana setiap pribadi seseorang memiliki beraneka ragam aktivitas yang mempunyai karakter yang dapat menunjukkan minatnya didalam kesehariannya. Gaya hidup dapat dilihat dari tata cara, kebiasaan, maupun pilihan yang mendukung dan dilandasi oleh sistem nilai atau sistem kepercayaan tertentu.

 

Menurut saya hasil tulisan dari sumber diatas sangatlah membantu saya memaknai suatu karya tulisan dari Yuni Nugraha, penulisan yang digunakan cukup mudah dimengerti serta kabar berita yang ditulis cukup jelas dan baik.
(komentar : yesamartha)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar