Rabu, 24 Oktober 2012

kebudayaan terhadap pembelian dan konsumsi


Kebudayaan terhadap pembelian dan konsumsi merupakan suatu hal yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Karena setiap manusia memiliki kegiatan yang berbeda-beda. Dalam hal pembelian, sebagai konsumen tentunya kita terkadang menyukai dengan produk-produk yang ditawarkan oleh produsen maupun barang-barang yang ditawarkan pada karyawan yang bekerja di pusat perbelanjaan. Namun, setiap orang pasti memiliki kebutuhan yang berbeda, dan bagaimana mereka harus melengkapi kebutuhannya, lantas mereka harus berbelanja apabila keperluan atau kebutuhan mereka habis. Apabila dikaitkan dengan keinginan dalam berbelanja mungkin itu adalah pilihan yang terburuk, karena apabila hanya keinginan berbelanja yang kita ikuti padahal kebutuhan pokok tidak dipenuhi maka akan banyak pengeluaran yang terbuang dengan percuma. Seharusnya setiap kita melakukan pembelian, kita harus membuat rincian pembelanjaan agar tersusun sesuai dengan kebutuhan yang di perlukan.

Konsumsi merupakan salah satu kegiatan yang harus dipenuhi baik dalam kebutuhan pribadi, keluarga, maupun orang lain untuk memenuhi kebutuhannya. Namun setiap orang pasti berbeda-beda dalam mengkonsumsi setiap barang atau jasa. Karena setiap orang memiliki kepuasan yang berbeda untuk mengkonsumsi jenis kebutuhan mereka, mungkin ada konsumen yang mengkonsumsi barang atau jasa yang bermutu tinggi, ada juga orang yang mengkonsumsi melihat dari harga yang murah. Begitu juga untuk memenuhi pembelian dan konsumsi, sebagai konsumen kita harus pandai melihat segala jenis produk-produk yang ditawarkan oleh pusat perbelanjaan. Jangan hanya karena diskon besar-besaran, maka kita membeli semua yang diskon karena ditawarka dengan harga yang murah. Lantas sebenarnya produk yang kita beli itu, berasal dari keinginan kita saja. Tetapi kita harus membuat anggaran yang cukup agar pengeluaran tidak membengkak dan mampu mengendalikan mana yang untuk kebutuhan dan keinginan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar